Custom Search

Perbandingan Canon EOS 750D vs Canon EOS 760D

Canon EOS 750D, Canon EOS 760D, Spesifikasi EOS 750D, spesifikasi EOS 760D, Kamera DSLR baru, Kamera Canon baru, full HD video,
Canon EOS 750D vs Canon EOS 760D. Image: digitalcameraworld.com
Akhirnya Canon meluncurkan dua kamera DSLR baru, yaitu Canon EOS 750D dan EOS 760D untuk menggantikan Canon EOS 700D. Kenapa harus dua kamera? Sepertinya keduanya hampir setara. 

Barangkali anda akan bingung dengan pelucuran EOS 750D atau di Amerika Serikat disebut sebagai Rebel T6i, dan EOS 760D atau T6S. Kalau anda bingung, maka hal itu sangat wajar. Namun, yang penting untuk fotografer ketika memilih salah satu dari kamera ini, maka anda tidak akan salah pilih. Selain untuk membuat foto-foto, semua kamera ini juga sangat mumpuni jika Anda gunakan untuk membuat film atau video dalam resolusi full HD.

Apakah ada perbedaan yang signifikan pada kedua kamera baru ini? Canon EOS 750D mungkin lebih tepat jika dinobatkan sebagai pengganti sah Canon EOS 700D, sedangkan EOS 760D memiliki desain baru yang diproduksi oleh Canon untuk mengisi kesenjangan antara 750D dengan Canon EOS 70D, yang spesifikasinya lebih canggih, dan seri dua digit seperti 70D memang selalu dilirik fotografer yang lebih profesional. Jika anda perhatikan, maka  baik Canon EOS 760D dan 750D keduanya memiliki sensor 24.2MP APS-C CMOS baru (naik dari 18MP di T5i / 700D) ditambah dengan 7560 pixel RGB + IR sensor metering baru untuk metering yang lebih akurat. Peningkatan sensor ini sepertinya mengikuti jejak Nikon, dimana selama ini Canon selalu bertahan pada sensor 18 megapiksel untuk katagori kamera DSLR untuk entry level.

Lalu apa saja perbedaanya, sehingga anda tidak merasa bersalah jika anda memilih salah satu dari mereka. Silahkan anda lihat perbedaanya pada spesifikasi berikut ini:

Spesifikasi utama Canon EOS 760D dan 750D:


24.2MP APS-C CMOS sensor
19-point autofocus system
1080/30p video
5 fps continuous shooting
Servo AF in live view [T6s only]
Wi-Fi with NFC
Hybrid CMOS AF III focus system (live view)
LCD information display on top plate [T6s only]
7560 pixel RGB + IR metering sensor with skin tone detection
3" fully articulating touchscreen LCD
Eye sensor for use with optical viewfinder [T6s only]
Quick control dial on rear [T6s only]

Bisa dikatakan bahwa 750D dianggap paling tepat untuk menggantikan posisi Canon EOS 700D, dan ditujukan untuk fotografer pemula. Sementara itu, EOS 760D dirancang untuk fotografer yang lebih berpengalaman. Model 760D memang memiliki beberapa fitur dari yang diadopsi dari kamera high-end Canon. Namun, baik 750D maupun 760D memiliki sensor dan processing engine yang sama. Selain itu, Canon 750D (Rebel T6i) dan 760D (T6s) pada dasarnya kamera yang sama dan mereka berbagi banyak komponen.
Canon EOS 750D, Canon EOS 760D, Spesifikasi EOS 750D, spesifikasi EOS 760D, Kamera DSLR baru, Kamera Canon baru, full HD video,
Canon EOS 750D. Image: comment-photographier.com

Jika anda perhatikan, memang ada perbedaan tertentu, sehingga wajar bila Canon EOS 760D dijual dengan harta lebih mahal. Anda akan menyukai baik 760D atau 750D, karena keduanya juga dilengkapi dengan Hybrid baru, yaitu sistem CMOS AF III (dengan deteksi wajah, Tracking AF, FlexiZone Multi dan mode FlexiZone-Single) untuk digunakan untuk foto-foto atau video yang terdiri pada layar di Live View Mode.

Kamera ini memiliki lebih banyak piksel yang diatur dalam array daripada dibandingkan kamera sekelas Canon lainnya seperti EOS 100D. Canon juga mengatakan bahwa versi yang sekarang adalah 4x lebih cepat dari versi II (yang digunakan di EOS 100D) dan dua generasi selanjutnya dari sistem Hybrid CMOS AF asli sebagaimana anda temukan pada EOS 700D. Dan, Canon 750D dan D760D sudah dilengkapi dengan mesin pengolahan Digic 6. Kedua kamera baru ini juga bisa memotret secara terus menerus sampai dengan 5fps, yang sangat berguna saat pengambilan foto olahraga atau adegan yang bergerak cepat seperti para penari.

Canon EOS 760D. Image: photographyblog.com
Layar sentuh LCD pada Canon EOS 750D maupun 760D memiliki Clear View II TFT dengan 1.040.000-titik dan aspek rasio 3: 2 untuk mencocokkan rasio uncropped dari sensor image. Namun, EOS 760D memiliki level elektronik yang dapat ditampilkan pada layar di belakang kamera, atau dalam jendela bidik, untuk membantu menjaga cakrawala tetap lurus.

Meskipun model 760D nampak lebih canggih, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Anda dapat memiliki Canon 750D dengan harga yang lebih terjangkau daripada 760D. Kami menyarankan Anda untuk menghemat uang Anda, sehingga Anda dapat membeli lensa tambahan yang diproduksi oleh Canon atau lensa pihak ketiga, misalnya Samyang, Tamron, Tokina atau Sigma. 

Anda tetap bisa menjadi seorang fotografer profesional, dan selalu bisa membuat foto-foto bagus atau video Full-HD yang ciamik, meskipun Anda tidak menggunakan kamera dengan fitur paling lengkap. Ingat filosofi "The Man Behind Gun". Anda bisa menjadi seorang master di bidang fotografi, dan untuk menjadi master Anda tidak harus memiliki peralatan terbaik atau termahal.

SHARE

About Komang Setiabudi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment